Ternyata Ini Dia Bidang-Bidang Akuntansi Yang Belum Diketahui Orang Banyak

Sama seperti ilmu lainnya, akuntansi juga memiliki bidang-bidangnya tersendiri. Mungkin bagi orang awam menganggap kalau bidang akuntansi hanya itu-itu saja, namun ternyata akuntansi memiliki banyak cabang.

Nah, Anda penasaran apa sajakah bidang-bidang dari akuntansi? Yuk langsung saja simak ulasan menariknya berikut ini.

  1. Akuntansi keuangan
    Merupakan salah satu bidang akuntansi yang secara khusus mempelajari tentang transaksi keuangan seperti perubahan aset, hutang, dan juga modal perusahaan.

    Tujuan utama dari bidang ini adalah menyajikan data dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama periode tertentu dan juga membuat laporan keuangannya.

    Akuntansi keuangan lebih berkonsentrasi untuk membuat laporan keuangan yang akan disajikan kepada pihak yang berada di luar perusahaan seperti kreditur, investor, dirjen pajak, pemegang saham, bank, dan lain-lain.

    Penyajian data keuangannya pun tidak boleh sembarangan harus berdasarkan standar akuntansi yang berlaku dan kaidah umum pembuatan laporan keuangan.

    Nah, untuk membuat laporan keuangan ini tentunya membutuhkan suatu aplikasi yang berguna untuk memudahkan pekerjaan para akuntan. Salah satu aplikasi yang patut untuk Anda coba adalah aplikasi akuntansi excel.

    Ya, semua orang pasti tahu aplikasi ini dan bisa mengoperasikannya. Aplikasi akuntansi excel menyajikan berbagai macam rumus otomatis yang bisa Anda pakai untuk mempercepat proses pembuatan laporan keuangan.

    Selain itu, aplikasi akuntansi excel juga menawarkan penyajian data keuangan dengan menggunakan grafik, sehingga laba perusahaan dari tahun ke tahun dapat dilihat secara langsung dan mudah dalam pengambilan keputusan.

    Ada juga aplikasi akuntansi lain yang patut untuk diterapkan pada perusahaan Anda yaitu Sleekr Accounting. Aplikasi ini menggunakan sistem online (cloud accounting) yang akan memudahkan Anda dalam mengakses setiap data atau informasi keuangan perusahaan kapan pun dan dimana pun asalkan terhubung dengan jaringan internet.

    Aplikasi ini tersedia secara gratis, karena bisa langsung didownload melalui palystore. Selain itu, aplikasinya juga mudah, akurat, dan cepat. Jadi tunggu apalagi segera terapkan aplikasi ini pada perusahaan Anda. untuk informasi lebih lanjut silahkan buka website https://sleekr.co/accounting/.

    Ternyata Ini Dia Bidang-Bidang Akuntansi Yang Belum Diketahui Orang Banyak

    Ternyata Ini Dia Bidang-Bidang Akuntansi Yang Belum Diketahui Orang Banyak

  2. Akuntansi managemen
    Akuntansi manajemen merupakan kebalikan dari akuntansi keuangan. Dimana akuntansi keuangan lebih berfokus untuk menyajikan data bagi pihak-pihak di luar perusahaan, sedangkan akuntansi managemen lebih berfokus untuk menyajikan data bagi pihak-pihak di dalam perusahaan.

    Jadi, bisa dibilang bahwa akuntansi menagemen merupakan bidang yang membantu pihak-pihak internal untuk menentukan kebijakan apa yang pantas dilakukan demi tercapainya tujuan perusahaan.

    Akuntansi managemen memberikan informasi dan data secara real kepada pihak managemen yang digunakan sebagai bahan dalam mengambil kebijakan terutama untuk urusan keuangan. Bidang akuntansi ini tidak memerlukan standar khusus dalam penyajian data, biasanya sesuai dengan standar dari perusahaan.

  3. Akuntansi biaya
    Merupakan salah satu bidang akuntansi yang berhubungan dengan perencanaan, penetapan, dan pengendalian cost atau biaya produksi. Jadi, akuntansi biaya memang lebih fokus untuk mengefesiensi biaya produksi dari perusahaan.

    Cabang akuntansi ini sangat diperlukan oleh perusahaan manufaktur yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi. Jadi, sangat diperlukan efisiensi yang semaksimal mungkin guna meningkatkan laba dari perusahaan.

  4. Akuntansi pajak
    Merupakan cabang akuntansi yang mengurus perpajakan. Jadi, seorang akuntan harus menyajikan data yang diperlukan untuk perhitungan pajak. Tujuannya adalah agar pembayaran pajak yang dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pada banyak kasus, akuntansi perpajakan ini berguna untuk meminimalisir besarnya biaya pajak wajib dibayarkan kepada pemerintah tanpa perlu melanggar peraturan perpajakan.

Beberapa bidang akuntansi tersebut dapat menjadikan Anda lebih tahu bahwa akuntansi memiliki cabang-cabang yang seringkali tidak diketahui oleh banyak orang.