Obat Cacar Air Pada Anak yang Aman

Obat Cacar Air Pada Anak yang Aman

 

Cacar air adalah penyakit wajib bagi semua orang. Vaksin cacar yang pernah didapatkan orang tersebut berfungsi untuk mencegah oenyakit cacar air berkembang menjadi penyakit yang mematikan. Cacar air sendiri adalah penyakit sekali seumur hidup dan terulang jika pengobatannya tak tuntas. Maka karena itu, orangtua harus memilih obat cacar air pada anak yang aman dan mengobatinya sampai tuntas.

Obat cacar air pada anak memang bervariasi, dari mulai obat tradisional dan juga obat kimia. Keputusan ada di tangan orangtua, apakah lebih mempercayai obat tradisional atau obat kimia? Akan tetapi jauh lebih baik jika mendengarkan nasihatĀ  dari ahli (dokter), agar penanganan cacar air pada anak bisa tepat.

Gejala Mempengaruhi Obat Cacar Air Pada Anak

Sebelum memberikan obat pada anak, alangkah lebih baiknya jika anda mencermati gejala-gejala yang muncul pada anak anda. Karena ada gejala yang normal dan ada juga gejala yang langsung membutuhkan pertolongan medis. Berikut gejala cacar air pad aanak :

  • Panas tapi bukan demam : anak yang terkena cacar air akan mengalami kenaikan suhu badan, tapi bukan panas karena demam.
  • Muncul bintik merah pada sekujur kulit : bintik-bintik ini lebih menyerupai bisul kecil, karena berisi air dengan warna gelap. Jangan dipecahkan! Nanti akan menjadi bopeng di permukaan kulit dan sulit untuk kembali mulus.
  • Badan pegal : selain tubuh yang panas dan kepala pusing, penderita cacar air juga akan mengalami sakit di sekujur sendi, terasa linu dan tak nyaman.

 

Pilihlah Obat Cacar Air Pada Anak Dengan Bijak

Setelah mengetahui gejalanya, maka anda bisa membedakan mana yang butuh pertolongan dari dokter dan mana yang bisa anda handle sendiri. Berikut ini adalah beberapa penanganan awal yang bisa anda lakukan, jika si kecil memperlihatkan gejala cacar air :

  • Banyak minum dan makan vitamin, tapi vitamin yang langsung dari sumbernya. Misal adalah jus atau makan buah segar dan sayur sop.
  • Larang anak menggaruk bintilnya, karena dikhawatirkan bintilnya pecah dan mengakibatkan bopeng. Pakaikan sarung tangan dan kaus kaki untuk mencegah anak anda (jika masih balita) tak sengaja menggaruk bintil tersebut.
  • Selalu memakaikan pakaian katun atau kaos yang longgar untuk menghindari iritasi, juga untuk menyerap keringat agar bintilnya tak terasa makin gatal
  • Selalu oleskan lotion penghilang gatal atau bedak dingin untuk mengurangi rasa gatal.

Untuk pengobatan cacar air dari dalam, bisa juga dengan acyclovir (dosis dokter), tapi biasanya obat ini hanya untuk ibu hamil, bayi baru lahir dan orang dengan imun yang rendah. Jangan berikan aspirin, karena cacar air ringan bisa sembuh sendiri tanpa menggunakan obat cacar air pada anak sekalipun. untuk informasi lebih lanjut silahkan check this site