Menyusuri Goa Cerme yang Masih Alami

Di Kabupaten Bantul terdapat sebuah goa yang menjadi primadona bagi para wisatawan yang menyukai kegiatan susur goa atau biasa disebut caving. Goa tersebut adalah Goa Cerme, sebuah goa alami yang terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri atau sekitar 20 km selatan Yogyakarta. Goa ini selalu menjadi pilihan pertama bagi para mahasiswa pencinta alam yang ingin menikmarti keindahan alam yang ada didalam goa ini.

Gua Cerme sendiri memiliki panjang 1,5 km yang pintu keluarnya akan tembus hingga wilayah Panggang, Dusun Ploso, Desa Giritirto, Kabupaten Gunungkidul. Menurut legenda yang beredar di masyarakat sekitar. Kata cerme berasal dari kata ceramah yang dahulu kala dilakukan oleh walisongo. Gua Cerme dipercaya digunakan oleh para Walisongo untuk membahas mengenai cara menyebarkan agama Islam di Jawa. Menyusuri goa cerme dengan mengunakan jasa tour kami dengan menggunakan dan memilih paket tour Jogja milik kami.

Goa Cerme dikategorikan sebagai goa yang panjang dan juga dalam. Keistimewaan dan daya tarik utama dari goa ini adalah keindahan stalagtit dan stalagmit serta adanya sungai bawah tanah yang mengalir di dalam goa. Terdapat pula canopy, gourdam, flowstone, gordindll yang memperindah kawasan dalam goa. Selain itu banyaknya kelelawar juga menambah daya tarik dari goa ini. Oleh karena itu banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk merasakan sensasi yang berbeda saat berjalan menyusuri goa ini dengan berjalan diruangan yang sempit dan udara yang lembab. Tentu saja hal tersebut akan memacu andrenalin para wisatawan yang datang ke goa ini.

Karena terdapat sungai bawah tanah yang kedalamannya bisa mencapai 1-1,5 meter, wisatawan tidak disarankan untuk datang ke goa ini saat musim penghujan tetapi datang saat musim kemarau atau musim peralihan dimana sungai yang ada di dalam goa cukup dangkal dan aman untuk dilalui para wisatawan.

Terdapat jasa pemandu yang siap menemani para wisatawan menyusuri goa ini sehingga perjalanan akan lebih aman dan agar tidak tersesat saat berada di dalam goa. Sang pemandu tersebut akan menceritakan mengenai sejarah goa dan juga akan menunjukkan tempat-tempat yang biasa digunakan oleh penduduk lokal atau orang yang berasal dari luar daerah untuk bersemedi.