Mengunjungi Museum di Kota Malang, Berwisata Sekaligus Belajar

Kota malang memang menjadi salah satu kota wisata yang mendatangkan wisatawan dari warga lokal maupun luar malang, bahkan wisatawan asing pun turut hadir untuk berwisata di kota sejuk penuh banyak wisata ini, malang juga memiliki bergagai macam wisata diantaranya sejarah. Jika anda merasa bosan berwisata ke pantai ataupun gunung, anda bisa mencoba berwisata sekaligus menambah ilmu di wisata museum kali ini, memang banyak juga pengunjung di malang yang memanfaatkan paket tour malang, baik berwisata ke pantai , gunung, maupun ke tempat – tempat yang pastinya tidak cukup jika hanya mengunjungi kota ini 1 hari saja. Berikut kita akan membahas tentang wisata museum di kota malang jika sayang anda lewatkan :

1. Museum Brawijaya

Museum satu ini menjadi museum yang paling populer dan banyak di kunjungi, museum brawijaya sendiri berada di tengah kota malang, tepatnya di Jl Ijen kota malang. Yang membuat museum ini selalu ramai oleh pengunjung jika memasuki musim liburan tiba. Di museum yang dibangun sejak 1968 ini banyak koleksi – koleksi peninggalan masa penjajahan, di bagian depan mueum terdapat tank – tank perang peninggalana masa penjajahan, dan banyak pula di dalam museum seperti senjata perang, meriam, baju dinas, peralatan kantor masa belanda hingga gerbong maut yang menjadi bukti kekejaman belanda saat masa penjajahan.

2. Museum Malang Tempoe Doloe

Selanjutnya kita akan mengunjungi salah satu museum yang tergolong baru di kota malang dan diresmikan tgl 22 oktober 2012, namun meskipun baru, museum malang tempoe dulu menyediakan wisata sekaligus belajar sejarah. Mulai dari zaman purbakala, jaman ditemukan nya kota malang oleh hindia – belanda tahun 1716, zaman revolusi tahun 1945 – 1949 hingga sekarang. Untuk tiket masuk sendiri cukup murah, yakni Rp.25.000,- untuk wisatawan umum, Rp.10.000,- untuk pelajar, dan Rp.15.000,- untuk warga malang. Di dalam museum anda bisa melihat koleksi benda purbakala, melihat patung kerajaan yang menduduki kota malang, dan untuk massa kemerdekaan anda bisa melihat patung bung karno dan dan bung hatta yang sedang memimpin sidang KNIP .

3. Museum Bentoel

Berikut ini kita akan mengunjungi salah satu museum salah satu perusahaan brand rokok yakni Museum Bentoel. Museum bentoel dulunya sebelum menjadi museum adalah tempat yang digunakan untuk usaha kecil rokok bentoel pertama. Usaha ini didirikan oleh salah satu pengusaha yakni ong hok liong pada tahun 1925. museum bentoel sendiri terletak di Jl Winomargo no 32 kota malang. di museum ini anda bisa mendapat sejarah dan mengikuti perkembangan perusahaan bentoel. Hingga kini pabrik bentoel ada di karanglo dan menjadi rokok kretek terkenal no 5 di indonesia. Untuk mengunjungi museum ini, bila anda menggunakan transpoertasi umum anda bisa naik angkutan GA ke arah pasar besar malang.

4. Museum Mpu Purwa

Museum ini juga terdapat di kota malang dan menjadi tujuan wisata sejarah di dalamnya, museum mpu purwa namanya, berada di jalan soekarno hatta 210, Kota Malang. Didirikannya museum ini bertujuan untuk menyelamatkan benda benda purbakala mpu purwa. Di museum ini terdapat 68 arca kuno yang rata – rata merupakan arca ganesha dan maha guru. Museum ini sangat cocok bagia anda yang ingin tau tentang sejarah atau penikmat sejarah terutama yang berkaitan dengan mitiologi hindu.