Menganal Lampu Bilirubin (Fototerapi)

Lampu fototerapy digunakan untuk mengatasi penyakit “Bayi Kuning” yang kerap menimpa bayi prematur. Lampu ini biasanya ada di rumah sakit satu paket dengan inkubator bayi. Namun ada juga yang disediakan khusus atau bukan merupakan bagian dari inkubator bayi. Lampu fototerapi bisa anda dapatkan di toko alat kesehatan yang jual lampu fototerapi murah. Alat ini hendaknya memang harus ada di klinik bersalin, atau di rumah sakit yang menangani persalinan.  Tahukah anda apa itu bayi kuning ? Simak selengkapnya di artikel ini.

jual lampu fototerapi

Pengertian Bayi Kuning

Pernahkah anda melihat bayi yang lahir dengan warna kulit kuning ? Gejala seperti ini disebut dengan “Bayi Kuning”. Warna kuning pada bayi tersebut disebabkan oleh pigmen bilirubin yang yang mengalami penumpukan.  Pada dasarnya semua manusia memiliki bilirubin, yang berasal dari pembelahan sel – sel darah merah. Bayi yang masih dalam kandungan bilirubin diuraikan oleh fungsi hati ibunya. Pada bayi prematur, ada beberapa fungsi organ bayi yang belum sempurna, terutama fungsi hati. Dengan demikian terjadilah penumpukan bilirubin yang menimbulkan warna kuning pada bayi. “Bayi Kuning” dapat diatasi dengan menggunakan terapi lampu fototerapy.

Bayi Kuning, Berbahayakah ?

Sebagian orang mengatakan bayi kuning tidak terlalu berbahaya, karena dapat hilang dengan sendirinya. Namun banyak pakar mengatakan bahwa ada beberapa kategori “Bayi Kuning” yang perlu mendapat perhatian karena bisa jadi berbahaya untuk kesehatan si bayi. Berikut ciri bayi kuning yang perlu anda waspadai :

  • Terjadi sebelum 24 jam pertama bayi dilahirkan
  • Atau kuning yang muncul pada umur lebih dari dua minggu
  • Warna kuning menyebar hingga pada telapak tangan dan kaki
  • Feses berwarna pucat

Penumpukan kadar bilirubin yang apabila dibiarkan terus berlanjut dengan cepat tanpa adanya penanganan dapat menimbulkan dampak buruk untuk kesehtan bayi. Kadar bilirubin dapat meracuni otak yang dapat merusak syaraf, terjadi ketulian dan gangguan kesehtan lainya. Oleh sebab itu jangan abaikan apabila anak anda mengalami hal tersebut saat lahir nanti.

Lampu Fototerapy Untuk Bayi Kuning

Bilirubin yang menumpuk karena fungsi hati bayi yang belum mampu untuk menguraikanya dapat dibantu dengan menggunakan lampu fototerapy. Bayi dalam keadaan telanjang dan tertutup matanya juga kemaluanya. Bayi diletakan dalam inkubator atau tempat tidur khusus. Cahaya lampu fototerapi ini dapat menguraikan bilirubin yang tidak langsung dapat dibuang keluar oleh tubuh. Keberhasilan fototerapy di indikasikan dengan hilangnya bilirubin dalam waktu tertentu. Kadar dan lamanya penyinaran ditentukan oleh dokter yang menanganinya, and tidak bisa melakukanya sendiri. Oleh sebab itu lampu fototerapy hendaknya ada di rumah sakit dan di tempat persalinan untuk menangani masalah ini. Sekarang ini anda tidaklah sulit membeli alat – alat seperti ini. Banyai toko alat kesehatan yang jual lampu fototerapi murah dan berkualitas.

 

Mungkin ini saja yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan terimakasih