Ibu Rumah Tangga, Tak Kemana Duit Melimpah

Ibu Rumah Tangga, Tak Kemana Duit Melimpah

Wanita itu ada bisnis untuk ibu rumah tangga tahun 2017 yang bilang paling pas ya dirumah. Meski begitu ibu rumah tangga, tak kemana duit melimpah , mungkinkah ? Wanita itu kadang tanggungjawabnya malah melebihi laki – laki. Kalau di Jawa ada istilah wanita itu ya menjalani tugasnya yang rumit, yang setidaknya ada tiga. Apakah ke tiga tugas wanita versi kultur Jawa itu ? Dapur, sumur dan kasur. Di dapur wanita harus bisa masak yang enak. Disumur wanita harus bisa mencuci baju seisi rumah yang pada malas – malas itu, dan di kasur harus bisa layani suami dengan sebaik – baiknya pula. Kalau dijumlah waktunya kan melebihi 24 jam, atau setidaknya 24 jam itu nonstop, berat bukan ?

Eh ternyata hidup dalam abad kompetisi dan materialisme ini sungguh bikin pusing pasangan suami istri yang duit bulanannya pas pasan. Yang kaum laki – laki sudah banting tulang, namun tetap kurang. Istripun tak tega, lalu berusaha cari usaha demi dapur dan periuk yang tetap mengepul dan imbang, tidak tumbang. Bentuk wanita yang cari rezeki itu macam – macam. Ada yang jadi TKI di luar negeri. Ada yang ambil peran laki – laki seperti tukang ojek online, tukang tambal ban, tukang bersih – bersih stasiun atau tukan solder komponen elektronik di pabrik televisi. Dan yang pasti masih banyak lagi.Tak ada jalan lain, itu semua demi keluarga. Tapi sekarang jangan heran ada ibu rumah tangga, tak kemana duit melimpah.

Dengan tetap tak beranjak dari rumah, tak juga keluar dari pintu dapur dan tetap setia pada ranjang yang sama, ibu rumah tangga kadang bisa lebih berdaya dari pada suaminya yang hanya jadi tukang bersih – bersih plaza umpamanya. Lalu bagaimana ibu rumah tangga, tak kemana duit melimpah bisa terjadi ? Saat ini zaman gaibnya internet sudah masuk dapur bung ! Internet sudah ada dikolong ranjang ibaratnya. Tak ada rahasia lagi dirumah, begitu metaforanya bung! Gak usah ber tele – tele, makin ke sini ibu rumah tangga makin tak bisa diremehkan. Tulisan ini akan tunjukkan bagaimana berdayanya perempuan yang diam dalam domestik, malah penuhi dompetnya dengan ratusan ribu yang tebalnya 1 cm/bulannya , dahysat bukan, padahal tetangga juga lihat, dia gak kemana – mana.

Ibu rumah tangga , tak kemana duit berlimpah bukan hal aneh. Rahasianya adalah kerja, kerja dan kerja lagi, tapi sambil gendong anak, sambl tanak nasi, sambil nonton telenovela amerika latin yang sempat booming dinegeri ini. Ibu – ibu misalnya bisa bikin sesuatu sesuai dengan yang dia suka. Bisnis itu adalah apa yang kamu suka. Ada ibu muda yang suka bikin boneka, buat lah dia boneka, eh paginya udah mejeng di instagramnya. Ada nyonya muda yang sukan bikin kue, abon, sambal dan balado, eh paginyasudah nongkrong di facebooks, di LINE , di grup WA dan bahkan di Kudo, hebat kan?

Yah, semua itu konsepnya adalah pemasaran produk via internet atau terkenal dengan istilah gaul bisnis online. Lebih maju lagi mungkin ada ibu yang suka soping di pusat – pusat grosir, eh paginya batik hingga serbet sudah nonkrong laman warung maya yang dia bikin gratisan. Bagi wanita hebat suami justru dia kasihi, yang bentuknya antara lain meringankan bebanya mencari nafkah. Itu sudah banyak terjadi. Jadi ibu rumah tangga, tak kemana duit melimpah bukan pepesan kosong atau omong kosong. Persoalannya ibu itu mau apa tidak…itu saja.