Desain dan Pemasaran Kartu Bisnis yang Efektif

Kartu bisnis yang sederhana adalah alat pemasaran hemat biaya dan efektif yang dapat digunakan oleh setiap perusahaan besar atau kecil untuk membantu mengembangkan bisnis mereka.

Desain kartu nama yang bagus yang dicetak secara komersial dapat memproyeksikan citra kualitas dan profesionalisme, yang pada gilirannya menciptakan kepercayaan dan keyakinan pada Anda dan perusahaan Anda.

Anda harus membawa beberapa kartu nama ke mana pun Anda pergi, karena Anda tidak pernah tahu kapan Anda bisa berbicara dengan seseorang saat Anda bepergian, yang mengungkapkan ketertarikan pada produk atau layanan Anda.

Kartu bisnis Anda sebaiknya, setidaknya, biarkan orang tahu siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan bagaimana mereka bisa menghubungi Anda; Tapi ada juga kesempatan untuk menambahkan lebih dari sekadar detail kontak dasar Anda. Sebagai catatan di sini; Saya telah melihat desain kartu nama dengan nama perusahaan, nama dan rincian kontak, namun tidak ada indikasi “apa yang Anda lakukan”, jadi jika saya melihat kartu itu beberapa minggu kemudian, saya mungkin akan dengan mudah melupakan bisnis Anda, Sehingga rendering kartu Anda tidak berguna. Jika nama perusahaan Anda (atau logo) tidak menunjukkan dengan jelas apa bisnis Anda, maka saya pasti akan menambahkan deskripsi singkat di bawah nama perusahaan Anda untuk mencegah kebingungan.

Jika Anda memiliki situs web, Anda harus menempatkan alamat web pada posisi terdepan pada kartu bisnis Anda untuk mendorong penerima agar memeriksa situs web Anda dan mencari informasi lebih lanjut mengenai produk atau layanan Anda.

Jejaring sosial di internet menjadi semakin populer, dan saya dapat melihat ini menjadi cara lain untuk membangun hubungan bisnis yang bermanfaat, jadi jika Anda adalah anggota salah satu situs populer (misalnya Facebook atau LinkedIn), maka Anda dapat menyertakan nama kontak Anda untuk situs-situs ini di kartu bisnis Anda juga.

Sebagian besar kartu nama dirancang dalam orientasi landscape, jadi untuk menonjol, Anda bisa merancangnya dalam format potret. Anda harus berhati-hati jika memilih potret, karena ada beberapa masalah desain yang mungkin mempengaruhi hal ini. Pertama, bentuk dan orientasi logo: jika logo Anda cukup panjang, bentuknya harus dikurangi agar sesuai dengan ruang yang lebih pendek dari kartu bisnis potret. Hal ini bisa mengurangi dampak dan efektifitas logo Anda. Alasan kedua adalah; Beberapa alamat email bisnis bisa sangat panjang dan karena Anda tidak bisa membaginya menjadi dua baris, maka ukuran hurufnya harus dikurangi agar sesuai dengan kartu, sehingga secara signifikan mengurangi keterbacaannya.

Sebagai bagian dari strategi pencitraan merek perusahaan Anda, kartu bisnis Anda (dan juga alat tulis lainnya) harus mengikuti skema warna yang sama dengan logo perusahaan Anda. Ini akan membantu orang mengenali bisnis Anda sekilas saat melihat logo dan warna di media pemasaran lainnya, misalnya di situs web, iklan, brosur, livery kendaraan, dll.

Saya akan merekomendasikan Anda memanfaatkan bagian belakang kartu bisnis Anda karena Anda dapat menambahkan lebih banyak informasi yang akan membantu memasarkan perusahaan Anda dengan lebih efektif. Biaya mencetak kartu bisnis dua sisi tidak terlalu banyak daripada kartu satu sisi akhir-akhir ini, dan merupakan sesuatu yang harus Anda pertimbangkan.

Ada beberapa ide yang bisa Anda gunakan untuk bagian belakang kartu bisnis Anda:

Daftar singkat layanan atau produk yang Anda jual.
Pernyataan misi perusahaan Anda, tagline atau deskripsi.
Peta kecil tempat Anda berada, jika Anda memiliki tempat usaha.
Kupon untuk diskon atau nomor masuk di situs e-niaga untuk menerima potongan harga.
Tawarkan sesuatu secara gratis, seperti, sebuah ebook dengan artikel bermanfaat tentang produk atau layanan Anda – sertakan alamat situs web tempat Anda dapat mendownloadnya.
Jika Anda seorang fotografer, ilustrator atau artis, maka Anda bisa menggunakan foto dengan sampel karya Anda.
Untuk menyimpulkan, desain kartu nama Anda bisa lebih efektif dalam memasarkan bisnis Anda jika Anda menggunakan beberapa gagasan ini atau Anda bahkan dapat memikirkan cara kreatif Anda sendiri untuk membantu memasarkan perusahaan Anda menggunakan kartu bisnis yang sederhana.