Asal Mula Sejarah Rafting / Arung Jeram

Asal mula sejarah rafting/arung jeram. Rafting atau arung jeram seperti disebutkan dalam  www.gravity-adventure.com konon diketemukan oleh orang yang datang dari benua Amerika, tetapi ada pula yang mengatakan bila histori berolahraga arung jeram itu datang dari Eropa. Terlepas dari benar tidaknya berita itu, yang pasti berolahraga ekstrim ini terlahir lantaran keperluan. Semula manfaat berolahraga arung jeram ini untuk penyelamatan diri dan juga untuk melakukan penyerangan, seperti pada masa Perang Dunia II. Dulu, warga Amerika membuat perahu dengan bentuk keranjang yang dipakai untuk fasilitas perang yang dimaksud perahu tersebut adalah dengan basket boat.

Di Negara kita, sejarah dalam berolahraga arung jeram sebenarnya telah ada dari dahulu, tengok saja orang-orang tradisional yang mempunyai tempat tinggal di tepian sungai dengan arus besar. Beberapa orang itu sudah lama memakai rakit dari bamboo yang dipakai untuk alat angkutan menyeberang sungai atau mengarungi sungai. Arti dari mengarungi ini yaitu menjelajahi sungai dari mulai hulu atau kampong mereka ke pemukiman yang semakin besar untuk mencari makanan atau berburu hewan.

asal-mula-sejarah-rafting-arung-jeramAkhir-akhir ini berolahraga arung jeram ini begitu disukai oleh orang-orang modern yang ingin melakukan tantangan menguji keberanian dan juga dalam rangka meningkatkan adrenalin. Manfaat dari arung jeram ini yaitu untuk mengetahui alam serta sebagai langkah untuk melatih kesabaran serta kerja sama dalam team. Jadi focus aktivitas ini tidak cuma untuk bersenang-senang semata tetapi bisa melatih kekompakan team.

Dulunya, alat untuk ber arung jeram ini terbuat dari rakitan bambu. Tetapi saat ini bersamaan perubahan zaman, alat arung jeram berpindah jadi perahu karet yang lebih enteng serta gampang untuk diangkat. Histori berolahraga arung jeram ini dipopulerkan pada th. 1970 oleh warga Amerika Serikat. Mulai sejak tersebut aktivitas arung jeram ini jadi popular serta pola hidup orang-orang modern, dari mulai riset alam ataupun rekreasi hingga saat ini berolahraga ini begitu mewabah.

Di Indonesia sendiri, sejarah arung jeram / rafting ini di dari mulai sungai Citarum dari Jawa Barat yang lalu merambah ke beragam sungai di semua lokasi Indonesia. Awalnya orang yang menginginkan lakukan aktivitas arung jeram ini agak cemas tentang keselamatan ketika berlangsung terjangan arus, walau demikian saat ini standard keamanan lebih di perhatikan hingga beberapa peserta arung jeram tak perlu lagi cemas untuk lakukan rafting dengan aman serta nyaman